Kamis, 02 Januari 2014

Intel Tidak di PKS Lagi

1386936766693050349Sudah menjadi pemahaman dikalangan aktivis Islam (apapun organisasinya) secara umum, bahwa gerakan Islam senantiasa menjadi target dari musuh-musuh Islam. Sehingga selalu diberikan pemahaman musuh selalu berusaha organisasi-organisasi Islam untuk mengahalangi tegaknya risalah Islam dimuka bumi.
Hipotesa masuknya inteligen sudah menjadi cerita umum dikalangan pergerakan Islam. Walau senyap, operasi ini akhirnya terbukti belakangan setelah organisasi ‘babak’ belur. Yang paling anyar di tahun 2000-an adalah masuknya inteligen Mabes Polri dijajaran petinggi Pengurus Pusat MAjelis Mujahidin Indonesia, yang belakangan menyebabkan ustadz Abu Bakar Ba’asyir menjadi pesakitan, hingga akhirnya ABB membuat tanzim (organisasi) baru JAmaah Anshorut Tauhid karena menganggap MMI sudah tidak steril lagi.

Cerita-cerita mengenai intel yang masuk Jamaah Tarbiyah/PK/PKS juga cukup populer dikalangan kader senior partai, sistem kaderisasi Jamaah tarbiyah yang panjang dan selektif serta penuh jebakan membuat organisasi ini cukup ‘kebal’ dari aksi sabotase inteligen (mengingat sudah rahasia umum gerakan ini adalah gerakan transnasional, meski legal secara formal). Sampai hari ini belum ada satupun, kader  Jamaah Tarbiyah/PK/PKS yang masuk penjara karena prediket teroris yang direkayasa intel. Padahal sangat banyak anggota jamaah tarbiyah baik di pusat maupun daerah yang dulunya adalah mantan DI/TII, alumni jihad Afghan, dll, menurut pengakuan seorang kader senior. Bahkan LHI dan pengurus DPP PKS seperti MAhfudz Siddiq juga diisukan alumni Jihad Afghan, walau dibantah LHI (dia berada dibawah naungan NGO dari Belanda) waktu ke MEdan ketika awal-awal menjadi Presiden PKS.

Banyak pengakuan, kalau intel sering tidak kuat dan tidak sabar berada di jamaah tarbiyah, konsekuensinya adalah mereka melebur menjadi bagian gerakan atau mengundurkan diri, bahkan mengaku mereka awalnya adalah intel lalu akhirnya pisah ditengah jalan.
Seiring perkembangan Jamaah Tarbiyah/PK/PKS yang makin meng-indonesia, tentunya upaya menggembosi gerakan ini tetap ada, indikasinya ketika tahun 2002 atau 2003 Amerika menempatkan organisasi/yayasan Haramain milik Hidayat Nurwahid sebagai lembaga terkait terorisme global. Serangan demo yang intens dan kutukan yang mengecam perbuatan AS ini akhirnya membuat AS meminta maaf dan meralat publikasinya.

Kalau dulu operasi inteligen dilakukan dengan menempatkan intel di dalam gerakan, maka sepertinya hal ini sudah tidak begitu intens. Rekayasa yang dilakukan kini adalah memasukkan agen ke media - media Besar atau menjadikan mereka sebagai kaki tangan agen. Targetnya adalah merusak citra gerakan bahkan memecah belah persatuan ukhuwah yang ada di partai atau gerakan. Kasus LHI membuktikan hal itu, bahwa persidangan LHI selalu diupayakan untuk tidak memperdengarkan persaksian saksi-saksi yang meringankan LHI. Bahkan entah bersumber dari mana, pembully-an terhadap PKS beredar luas diberbagai media, baik massa hingga sosial media dengan cara-cara yang rapi dan terencana.
Bahkan awal hingga pertengahan tahun 2013, sinetron dibeberapa televisi swasta nasional sering menampilkan tanyangan sinetron bernuasa menjelekkan citra ustadz, kyai, haji/hajjah hingga muslimah berjilbab besar, kalau bukan serbuan protes ke KPI secara besar-besaran pastilah sinetron ini tetap berlanjut.

Jamaah Tarbiyah/PK/PKS yang secara umum diasosiasikan sebagai gerakan transnasional (IM) yang merupakan target besar untuk dilumpuhkan di Asia tenggara, melihat saudara mereka di Mesir dan Timur Tengah juga mengalami hal serupa. Ada selentingan bahwa PKS Indonesia merupakan Murobbi bagi gerakan Islam di 16 negara Asia fasifik, ini terlihat dari intensnya pergerakan beberapa petinggi PKS di negara negara ini. Islamophobia (baik nasional maupun asing) pasti tidak ingin Islam memimpin di Indonesia bahkan mempengaruhi peta politik kawasan Asia Fasifik.

WASPADALAH kalian...!

Selasa, 31 Desember 2013

KISAH CINTA ANIS MATTA dan Gadis Hongaria Part 1, 2, dan 3


Ilustrasi/Anis MAtta dengan 3 anaknya dari Istri pertama dan Istri
Keduanya http://www.pkspiyungan.org/

Banyak berita miring tentang poligami yang dilakukan oleh Presiden PKS Anis Matta dengan Istri keduanya Szi yang telah dilakukannya sejak 2006 lalu. Berbagai cerita dan berita ‘asal jadi’ merebak di berbagai web, surat kabar, hingga sosial media. Usaha pem-bully-an pun juga semakin dilancarkan oleh orang-orang yang dihatinya ada penyakit.

Berikut ini saya ambil petikan total yang disampaikan oleh sahabat, sekaligus, saksi hidup, saksi perkawinan, bisa juga ‘pendukung’ sekaligus ‘mak comblang’ terjadinya poligami ini dalam tweets yang diceritakan oleh Fahri Hamzah pada GelombangKe-3 @Fahrihamzah.


Tulisan ini masih terus berlanjut dan masih sedang di twet oleh beliau yang saat tulisan ini dibuat masih melaksanakan umrah di tanah suci.


Tulisan ini bisa juga anda baca di http://www.pkspiyungan.org/2013/12/kisah-cinta-anis-matta-dan-gadis_31.html.


Mari kita simak tweets by @Fahrihamzah ini:


1. Jadi ingin cerita kisah pertemuan @anismatta dengan isterinya szilvia fabula sebab saya yg jumpa pertama.

2. Itu pertemuan tanpa sengaja…hari tetakhir kunjungan kami (di Budapest, ibukota Hongaria -ed) ..mencari oleh2 buat keluarga…keluar masuk toko suvenir.

3. Kami mencari dan agak sulit karena mereka jarang yang berbahasa inggris. Saya ketemu satu (toko). Ada 3 gadis dalam toko itu.

4. Dua gadis penjaga tak terlalu mengerti. .saya mencari kaos oblong…motif yang “historis”…tentang Budapest.

5. Saya biasanya membawa oleh2 oblong karena tidak semua anak saya boleh makan coklat. Oblong seragam lebih baik.

6. Maka, permintaan saya dijawab oleh manajer toko yang keluar menghampiri dengan bahasa inggris yang sangat bagus.

7. Dialah szilvia fabula gadis hongaria yang saat itu sedang mengambil S2 bidang ekonomi. Sy tak mendalami kampusnya.

8. Pantas bahasa inggrisnya bagus. Dan tentu belanja jadi lebih mudah. Sy ingat beli oblong agak banyak.

9. Sekeluar toko itu, saya melihat @anismatta masih berjalan tangan kosong belum ada belanjaan.

10. “Jen” (begitu dia sy sering panggil, kependekan dari SekJen), maklum dia kan sekjen abadi. Saya wakil sekjen.

11. “Jen, ini tempat belanja enak. Manajernya jago bahasa inggris”, demikian kira2 kataku waktu itu.

12. Dia tertarik dan masuk, saya antar sampai dalam, “miss szilvy, my friend also need assistance”. Sy lalu pergi.

13. Saya tinggal @anismatta di toko itu dan sy juga titip belanjaan saya dengan harapan sy bisa keluar lihat2 yg lain.

14. Setiap beberapa menit saya balik ke toko itu dengan maksud kalau sdh selesai bisa pulang ke hotel bareng.

15. Berkali2 saya kembali ke toko itu dan nampaknya ada percakapan dua hamba Tuhan yg belum selesai.

16. “Percakapan dua orang pintar”, kira2 seperti itu kedengarannya sebab temanya juga tidak sederhana.

17. Sore itu adalah sore terakhir kami di kota tua itu. Dingin menjelang malam. Kami kembali ke hotel.

18. @anismatta tidak bisa menutupi kesan dalam percakapan itu, “manajer toko itu seorang pencari makna”, kesannya.

19. Kami tidur cepat malam itu karena besok pagi kami harus kembali pagi2.

20. Pagi itu, sehabis sarapan kami bersiap menuju airport. Rupanya sang manajer mampir sebelum masuk kerja.

21. Dia datang membawa hadiah buat “jen”, sebuah buku yg kulihat berat sekali temanya.

22. Belakangan saya dengar bahwa malam itu ia melakukan browsing dan membaca versi bahasa inggris artikel @anismatta.

23. Untuk itulah dia datang pagi itu, membawa buku dan menyatakan ingin belajar tentang tulisan2 @anismatta.

24. Di kalangan aktifis tarbiyah @anismatta dikenal sebagai penulis produktif sejak awal 90-an. Manajer itu penasaran.

25. Tapi, pagi itu kami berpisah tanpa tahu apakah kami akan bertemu lagi. Negeri kami berjarak jauh.. (bersambung)

Ok kita lanjut…

Bagian pertama kita sebut sebagai pertemuan…bagian kedua ini kita sebutpencarian…


26. Terus terang, banyak dari kisah ini saya tahu kemudian hari karena ini pribadi. Sy tak terbiasa urus pribadi orang.

27. Meski saya dekat dengan @anismatta tak berarti saya harus tahu semua hal. Kisah ini terjadi sekitar 7-8 tahun lalu.

28. Satu kisah yang saya tidak tahu akan berakhir dengan pernikahan, sebab keluarga @anismatta adalah keluarga bahagia.

29. Dan sy tahu Anaway, isteri (pertama) @anismatta adalah perempuan berani, terbuka dan cerdas anak politisi senior Golkar.

30. Keluarga @anismatta adalah keluarga modern yang terbuka. Nyaris semua hal diputuskan bersama jika soal keluarga.

31. Adapun kisah manajer Toko dari Budapest itu menjadi menarik karena rupanya ada korespondensi.

32. Suatu hari @anismatta bilang, “ada email tuh dari Budapest”, saya jawab, “Dari Mustaq?”, tanya sy balik.

33. Mustaq adalah pedagang pashmina dan karpet di pasar Budapest yg tokonya sempat kami masuki. DIA ORANG KASHMIR, MUSLIM.

34. “Bukan, itu manajer toko”, jawab jen. “Oh apa kabar dia?, tanya saya dan rupanya jen sudah mencetak email szilvi.

35. Kepada saya diperlihatkan email yang sama sekali berat. Ini bukan soal percintaan dan rindu, ini soal filsafat.

36. “Ini berat jen, kenalin aja ke mustaq biar dia punya teman, kita kan kapan bisa ke sana?”, itu solusi saya.

37. Meski, jen nampak keberatan, saya terus terang tak mengerti apa kelanjutannya. Tapi jen selalu cerita.

38. Saya sering di-update bahwa kini szilvi sdh jumpa mustaq dan rupanya isteri mustaq orang hongaria asli.

39. Tapi banyak yg mengagetkan misalnya szilvi sudah bersyahadat atau szilvi sudah pakai kerudung.

40. Sampai suatu hari saya ingat musim libur yang dingin…kami berkesempatan lagi ke Budapest. Ini kunjungan pribadi.

41. Saya lupa jarak pertemuan kami dan betapa singkat pertemuan di toko dan lobby hotel saat perpisahan dulu.

42. Tapi nampak pada tampilannya dan juga caranya bertuturkata kami seperti ketemu orang baru saat jumpa (yg kedua kali).

43. Siapakah yang merubah szilvi? Saya tidak tahu persis. Tapi memang saya menjadi banyak mendengar cerita dia.

44. Setelah perpisahan dulu itu ternyata szilvia terus mengontak melalui email..dan diskusi mrk berlanjut intens.

45. Szilvia cerita bahwa mereka sama2 peminat ilmu2 sosial dan itulah yang mengisi diskusi mereka via email.

46. LALU topik diskusi juga pindah ke soal agama Islam dan sekitar 4 bln kemudian szilvia menyatakan sdh masuk Islam..

47. Rupanya dia sempat dikirimi Qur’an dgn terjemahan Inggris dan lalu diarahkan ke Islamic Center Budapest oleh Jen.

48. Di Islamic center itulah szilvia menemukan banyak teman dan akhirnya membuka hatinya masuk Islam.

49. Sebagai pencinta ilmu sosial..dia berpikiran bebas dan tidak taat agama meski umumnya mereka katolik.

50. Dan salah satu sebabnya sangat kritis kepada Islam adalah soal pembolehan poligami oleh ajaran Islam.

51. Bagi dia, pelaku poligami adalah kaum chauvinist yang egois dan menganggap diri superhuman.

52. Rupanya itulah yang membuat perdebatan mereka seru dan rupanya tambah seru tambah penasaran.

53. Perdebatan ini mengingatkan saya pada kisah bung Karno dan Fatma, gadis cantik dari Bengkulu.

54. Dalam pembuangan, si Bung sempat menjadi guru Agama di sekolah Muhammadiyah Bengkulu.

55. BUNG Karno sudah menikah ke-2 dengan Ibu Inggit dan memboyongnya ke Bengkulu bersama Ratna Juami, sang anak angkat.

56. SORE HARI, Tokoh Muhammadiyah Bengkulu menitip anaknya untuk les agama sore hari kepada Soekarno, dialah Fatmawati.

57. SUATU sore, Ratna tak ikut les dan tinggal mereka berdua. Menarik bahwa saat itu Fatmawati bertanya soal poligami.

58. BUNG Karno menjawab, bahwa zaman dulu banyak peperangan dan banyak lelaki mati di medan perang. Sehingga banyak janda.

59. BUNG melanjutkan cerita bahwa untuk itulah poligami dibolehkan oleh Islam. Fatma terdiam, entah apa yg dipikirkan.

60. Entah apa yg sebetulnya terjadi tapi kemudian kita tahu Fatmawati menjadi isteri proklamator dan menjadi ibunya Megawati.

61. Saya juga tidak tahu apa penjelasan @anismatta kepada szilvia. Tetapi szilvia nampak beda hari itu.

62. Waktu kami berjumpa kerudungnya sudah sempurna. Dan dia menyampaikan terima kasih kepada kami.

63. Terima kasih kata dia, karena akibat pertemuan singkat dulu dia belajar Islam dan menjadi muallaf.

64. Szilvia juga mengantarkan kami ke Islamic Center of Budapest dan mempertemukan kami dengan pimpinannya.

65. Pimpinan Islamic Center kagum dengan szilvi bisa kenal @anismatta orang Indonesia yg fasih berbahasa Arab.

66. Memang umumnya mereka meski jadi imam belum bisa berbahasa Arab. Tapi ramai sekali Islamic Center ini.

67. Kata szilvi setiap hari ada saja yang masuk Islam di IC Budapest dan umumnya mereka gadis. Entah mengapa.

68. Sore itu kami dikenalkan oleh sang imam 7 gadis dari kawasan eropa timur yang menjadi muallaf bersama2.

69. Kisah mereka menarik tapi kita kembali saja kepada kisah @anismatta dan szilvia fabula. Mereka terus berdebat.

70. Sampai kami kembali lagi ke jakarta, kami belum mendengar ada kisah cinta. Semuanya dialog tentang Islam.

71..(Bersambung ke bagian 3. Berjudul “Jatuh Cinta”.)

…sabar ya…kita kerja yng lain dulu…




Jadi bagian 1: perkenalan. 2: pencarian. 3: Jatuh Cinta (to be continued…) sampai bagian ke 5…atau 6…


Temans, Maafkan saya…sebab sejak Rabu kemarin saya tiba di Madinah…kota Nabi SAW…

Serial itu saya tulis di selah2 ibadah sama keluar besar Mertua yg mengajak saya…

Di sela ibadah dan mengurus keluarga…kebetulan si bungsu agak demam…

Madinah dingin sekali…dan sy dan keluarga, isteri dan anak2 sedang bersiap ke makkah…

Dan sedang akan memakai ihrom…

Semoga Allah SWT permudah urusan kita semua….

Semoga Allah berkahi keluarga pak @anismatta, ibu Anaway dan Ibu Szilvia Fabula…

Tak ada yang sulit jika Allah berkenan…tak ada yang mustahil jika Allah berkehendak…

Kata pembimbing umroh asalkan menulis yg baik tetap ibadah…jadi saya jadi iseng…soalnya banyak yg nunggu..

Saya akan lanjutkan sedikit bagian “pencarian” sebelum masuk bagian “jatuh cinta”..


71. Szilvia harus dilihat sebagai sosok yg juga tidak gampang menerima ide2 Islam. Latarnya rumit dan sangat rasional.


72. Karenanya juga tak gampang debat2 itu dimenangkan oleh @anismatta. Email pertama yg ditunjukkan ke saya berat.


73. @anismatta memang terbantu krn cukup memahami sejarah peradaban barat dan komplikasi panjangnya dgn Islam.


74. Maklum dulu beliau yg sering mengisi materi Gozwul Fikri di kalangan aktivis dakwah.


75. Jen rupanya juga memberikan beberapa buku keislaman yg ditulis utk memasuki pemikiran Barat.


76. Misalnya buku Khurshid Ahmad bersama bbrp pemikir lain “Islam Its Meaning and Message”. Buku ini sangat dikenal.


77. Sebagai penggemar filsafat, jen juga mengirim buku yang terkenal di barat. jen sy tahu senang eric from.


78. Erich Fromm kita tahu adalah seorang humanis filsuf jerman abad 20 yg dikenal sebagai penganut mazhab frankfurt.


79. Jen merekomendasikan buku2 Eric Fromm sprt The sane Society dan The Art of Loving..


80. Meski sangat singkat korespondensi dan setumpuk buku filsafat dan alquran bahasa Hongaria cukup berkesan.


81. Dalam waktu singkat szilvia fabula melalap buku pemberian atau rekomendasi kawan korespondensinya.


82. Pergulatan pemikirannya selama ini rasanya terjawab dlm banyak buku2 sprt itu disamping Qur’an tentu saja..


83. Szilvia sdh membaca Qur’an dan terjemahannya smp khatam sblm akhirnya memeluk Islam..


84. Bacaan Alquran bersama buku2 lain membuka jalannya menemukan kebenaran dan memantapkan keyakinan dlm hidupnya.


85. Tentu faktor2 pemikiran saja tdk dgn sendirinya mendorong org masuk Islam..biasanya ada faktor emosi juga.


86. Faktor emosi tentu bersumber dari seseorang. Atau suatu kejadian. Inilah yang saya duga banyak melibatkan jen.


87. Saya mendengar suatu ketika ayah Szilvia menderita kanker mata dan dioperasi dgn menggunakan mata buatan..


88. Ia tergoncang tanpa pegangan. Ssilvia memang sudah menamatkan alQuran dan kitap filsafat…tapi tetap abstrak.


89. Saat itulah Szilvia berjanji jika ayahnya bisa sembuh total makanya ia akan segera menyatakan diri Muslim.


90. Dan itulah yg terjadi..ayahnya sembuh total dan sehat hingga skrg..bahkan sdh 3 kali ke Indonesia.


91. Kesembuhan Total ayahandanya tercinta nampaknya banyak menambah keyakinannya dalam berTuhan.


92. Selama ini keyakinan iti seperti datang dan pergi..seperti ada dan tiada atau seperti penting tdk penting. Kini beda.


93. Menurut kisahnya, 31 januari 2006 Szilvia bersyahadat di Islamic Centre Budapest…jen tidak diberitahu.


94. SZILVIA nampaknya ingin mengalaminya sebagai sesuatu yang murni. Belakangan banyak kisah lucu dlm pencariannya.


95. Sambil mencari arti Islam maka yang dicari juga adalah tentang siapakah @anismatta?


96. Lelaki yang kini jadi sahabat pena-nya dan mengirimnya buku masih menyimpan tanda tanya.


97. Salah satu artikel yang ia browsing bahkan menyebut @anismatta sebagai tokoh fundamentalis radikal.


98. Tentu itu beda dengan apa yg dia temui di inbox emailnya. Seorang lelaki terbuka pembaca filsafat dan sejarah barat.


99. Tapi baginya sekarang dia sdh menjadi seorang Muslimah…dengan keyakinannya sendiri. Jen akhinya diberitahu.


100. Jen tentu kaget karena dia tak menyangka keputusan besar diambil szilvia secepat itu. ALLAHU akbar.


101. Szilvia menurut ku bukan pencari kebenaran biasa. Dia gigih dan determinan. Aku dengar dari jen.


102. HARI2 setelah bersyahadat dan apalagi setelah memakai jilbab maka Budapest menjadi tak mudah baginya.


103. Ia harus menjawab banyak pertanyaan dari keluarga dan orang2 terdekatanya. “Mi történt veled Szilvia?”


104. Itu sy translate, “ada apa denganmu szilvia?” Kira2 dalam bahasa Hongaria itu pertanyaan terbanyak baginya.


105. Szilvia bukan kalah. Dia bahkan meyakinkan banyak orang dengan agama Islam. Dia aktif di Islamic Center.


106. Sampai setelah bermukim di jakarta dia masih terus meyakinkan keluarga dan sahabatnya terdekat.


107. Tahun lalu, Szilvia meyakinkan neneknya tercinta bersyahadat…alhamdulillah sebelum Allah kemudian memanggilnya.


108. Ia mungkin membaca sebuah hadits yang menyebutkan betapa besarnya pahala bagi yang mengantarkan hidayah…


109. Lebih baik dari dunia dan Isinya. Ia merasakan proses pncarian itu dan ia ingin mengantarkan orang yg dicintainya.


110. Pencarian szilvia yang mendalam dan ditemani jen. Adalah kisah penting untuk dituliskan. (Akhir bagian “pencarian”).


sdh mau masuk Makkah…bagian 3: Jatuh Cinta dan Menikah + bagian 4: Anaway, Sylvia dan Mengelola keluarga Insya Allah soon.


Jadi ini belum ada soal cinta ya….sabar deh…ini perlu riset kecil…abis umroh deh besok..


***


Alhamdulillah…tahallul selesai prosesi umroh selesai….01.03 waktu makkah ..


Apakah kisah cinta @anismatta akan kita lanjut sekarang?


111. Ini bagian ketiga, tentang sesuatu yang kita sebut “jatuh cinta”. Tentang sesuatu yang tak mungkin berpura-pura.


112. Tapi siapakah yang “Jatuh?” Siapakah yang memulai dan siapakah yang terjerumus mengagumi atau “merasa”.


113. Bagian ini seperti sulit, kecuali kalau kita mengenal jen sejak lama. Aku mengenalnya sejak kuliah di UI.


114. Jen sejak awal menonjol..ketekunannya membaca sudah kusaksikan sendiri dan kemampuannya menulis dan bicara masyhur.


115. Tapi mungkin yang orang tidak tahu banyak adalah kemampuannya mengendalikan diri dan emosinya. Itu rahasianya.


116. Maka sebagai sekjen partai 4 periode itulah yang nampak. Sekretariat dan daya dukung kepada partai terkendali.


117. Soal cinta, dia menulis “serial cinta” setelah menulis “serial kepahlawanan”. Tapi apa yg ia tulis?


118. Ia bukan perangkai kata omong kosong…tulisannya itu mengakar pada karakter dan kepribadiannya.


119. @anismatta telah lama menjurubicarai pikirannya dan sebaliknya pikirannya menjadi jubir bagi karakternya.


120. Maka jadilah dia pesona di mata banyak orang dan aku yakin itu yang terjadi pada szilvia fabula.


121. Gadis itu mencintainya entah kapan mulainya. Dia tak mungkin jujur kepadaku. Ini soal di antara mereka.


122. Tapi ini tentu jadi cerita di antara kami karena pernyatan cinta szilvia tak mungkin dijawab senda gurau.


123. INI SOAL SERIUS sebab ujung dari percintaan yang dewasa adalah pernikahan. Sesuatu yg tak gampang.


124. Sepanjang bulan2 dmn diskusi itu berlangsung, jen tdk mengira kalau gadis muallaf itu akan jatuh cinta padanya..


125. Sebab sejak awal @anismatta selalu menyebutkan kalau dia sdh berkeluarga dan punya 7 anak..(ampun deh)


126. JEN BUKAN orang yang suka sembunyi atau samarkan identitas semisal mengaku bujang…


127. Karenanya sejak awal @anismatta yakin itu tdk akan masuk dlm logika org Eropa seperti szilvi menjadi istri kedua..


128. Apalagi gadis muallaf itu tentu punya banyak pilihan di negerinya sendiri ketimbang jd istri kedua.


129. Sekali lagi, buat @anismatta situasi ini sangat tidak mudah..berdasarkan situasi waktu itu tdk sederhana.


130. Ada percampuradukan masalah ditingkatk jen, szilvia, keluarganya dan juga posisinya sebagai pejabat.


131. Sesungguhnya jen kasihan dengan szilvia…bagaimana keputusan besar itu ia buat…apa dia ngerti resiko?


132. Apa dia ngerti bahwa dia harus menyesuaikan diri di Indonesia yang nun jauh dari keluarganya Hongaria?


133. Pada diri jen ada banyak pertanyaan, Bgmn hrs meyakinkan Anaway (istri pertama –ed) dan ketujuh anak2nya?


134. Ini tetap sangat berat meski sy tahu dia tdk pernah menyembunyikan hal2 sprt ini dr keluarganya..


135. Dalam percakapan kami sebelum itu kalau kami bercanda, anaway selalu menjawab ketus, “ngomong doang!”.


136. Tahu kan artinya, namanya juga laki2. kalau ditantang balik memang kami keok. sampai sekarang aku masih sering keok.


137. Anaway luar biasa, entahlah bagaimana ia bisa sampai pada keputusan mengijinkan perempuan lain ada dirumahnya.






Anis Matta dan Anaway serta 7 anak-anak mereka



138. Jen masih punya banyak msalah, Bgmn pula hrs meyakinkan kedua orangtuanya yg msh hidup dan tinggal bersamanya?


139. Bukankah papa daeng dan mama daeng (begitu mereka menyebut orangtuanya) adalah pasangan monogami?


140. Karena aku ingat diriku sendiri, ibuku karena sayang dengan mantu maka bercandapun aku kena plotot.


141. Jadi isteri kita sebagai mantu yang baik perasaannya dijaga mertuanya. Tamatlah riwayat kita. mau apa lagi? Hehe..


142. Itu tentu juga terjadi pada anaway dan itu yang mempersulit langkah sang sekjen.


143. Dan sebagai sekjen, bgmn hal ini hrs dibicarakan di internal partai?? Khususnya dgn ketua Majelis Syuro?


144. Dan akhirnya sebagai politisi, bgmn ini akan mempengaruhi jalan hidup dan karir politiknya?? ini tentu dipikirkan.


145. Jadi, Perkawinan kedua ini pd dasarnya benar2 tdk terbayangkan bg jen. Terlalu banyak masalah. Ribet mas….


146. Hampir tdk terlihat celah bagi @anismatta utk membuat perkawinan ini jd kenyataan. Penulis cinta limbung…


147. Daftar kendalanya terlalu banyak, melebihi kemampuannya utk melampauinya..kalau saya sih mending lempar handuk..


148. SZILVI sendiri rupanya tidak mudah juga sampainpada kesimpulan…keberanian menyatakan cinta. .


149. Sebab dia juga tahu konsekwensi dari perasaannya. Ini termasuk perasaan yang berbahaya. Subversif!


150. TAPI sejak awal memang sdh tampak kagum dgn jen tp cintanya mungkin berkembang perlahan selama diskusi2 itu.


151. PERKENALANNYA DGN JEN nampaknya juga penemuan makna hidup yg dia cari tp sekaligus penemuan pasangan hidup..hehe..


152. Menemukan makna hidup pd seseorang yg menjalani makna itu dlm kesehariannya..mungkin itu awalnya…


153. Tp menjadi istri kedua?? bgmn itu mungkin??..Szilvia jg bingung..dan seperti jen jg tdk punya bayangan. Nah loh…


154. TAPI mungkin Buat Szilvia bertemu jen seperti menemukan permata yg hilang..sayang kalau hilang..(Gubraaak)..


155. Bagi org Eropa menemukan teman bicara yg sepadan memang merupakan karunia..apalagi yg terasa tulus dan setia.


156. Budapest, kota tempat dia sehari2 hidup, orang2 seperti tak lagi bertegur sapa. Mungkin juga karena gak kenal.


157. Entahlah sebab perasaan tentang masa kecil, kota kelahirannya di Bakescaba dan Budapest tempat ia kerja semua berpengaruh.


158. Jadi ketemu manusia jenis lain macam kami ini juga anugerah buat dia. Aku, jen, irel sang kakak dan Aboe si cucu nabi.


159. Selain jen, kamilah yang sering ditemui szilvia…jen kami yakini gak boleh jalan sendiri…ntar ilang.


160. Kecil2 gitu jangan maen2 dia sekjen partai Islam terbesar di Dunia..hehe…(aku mulai ngantuk nih…)


161. Tapi ini tentang Szilvia, Ia merasa mendapatkan karunia itu..tp jalan menuju pelaminan benar2 tdk terbayangkan.


162. TAPI APAKAH Szilvia tak memikirkan anaway? Apakah cinta tak mempertimbangkan perasaan orang lain?


163. Ini memang bukan soal Szilvia ini soal jen dan anaway. Apakah ada masalah di antara mereka? Apakah ini cheating?


164. Inilah yang harus dibikin clear..aku tidak tahu dimensi diskusi antara anaway dan suaminya.


165. Setahuku, mereka tidak pernah pecah…merekalah pasangan yang serasi dengan anak yang banyak. Ini keluarga happy.


166. Bahwa mereka berdiskusi soal poligami sebagai wawasan aku tahu. Sebab di kalangan aktivis itu biasa.


167. Dan bagiku sendiri di dalamnya ada misteri dan ada banyak salah paham. Cie…kayak berani aja…hehe..


168. Becandaan kayak gitu itu ya termasuk salah paham..sebab ada yg melihat poligami untuk gagah gagahan aja…


169. Terutama laki2..kalau dah ngomong poligami dan ngomong sunnah Nabi SAW dah kayak dia yang nabi…dan sanggup.


170. Sunnah yang lain nggak pernah dikerjain. Giliran poligami duh…”ini sunnah Rosul dan tidak boleh ditolak!”..


171. Biasanya pakai nambah dalil segala..” Barang siapa yang menolak sunnah Rosul maka tidak termasuk ummatnya”..


172. Bener sih, tapi kan jadi maksa…makanya kan poligami hampir hak ada kisah suksesnya…ini kan soal cinta juga lah.


173. DIALOG searah yg memaksa tidak terjadi di rumah jen. Mereka semua sekeluarga terlibat diskusi unik. Mereka terbuka.


174. Karena itu anaway sebagai isteri dan anak-anaknya semua terlibat. Ini soal bersama. Tak boleh ada yg terpaksa.


175. Sejak awal perkenalan, jen sdh menceritakan soal manajer toko sovenir yang dia temui itu kepada Anaway…


176. Cerita yang di maksud tentu soal pencariannya dan diskusi yang berlanjut…itu biasa, anak2 juga nimbrung.


177. Justru itu harusnya menjadi bagian dari keterbukaan… “gw perlu tau dong laki gw ngobrol ma siapa”, itu logat anaway.


178. Tentu, perempuan tetap perempuan tapi anaway juga punya latar keluarga yang besar. Seperti umumnya sulawesi.


179. Di keluarga Anaway isu poligami ini bukan barang baru..krn kakeknya dr ibu jg beristri 3 dan tinggal serumah. .


180. Ayah Anaway, alm Thoha Mansyur adalah mantan anggota DPR RI selama 17 thn dari fraksi Golkar..(1971-1987)


181. Thoha Mansyur adalah salah seorang tokoh perintis pemekaran sulawesi tenggara dr sulawesi selatan.


182. Beliau jg ikut sbg salah satu perintis berdirnyai bbrp perguruan tinggi Negeri di Papua dan Sulawesi.


183. Ayahanda Anaway lulus dr Gajah Mada dan kawan seangkatan almarhum Amir Murtono,mantan ketua Umum Golkar.


184. Bahkan pd hari pernikahan Anis dan Anaway pak Amir Murtono memberi sambutan mewakili keluarga Anaway.


185. Bersama almarhumah istri pak Amir Murtono ibunda Anaway jg ikut mendirikan pengajian Al Hidayah di bawah Golkar..


186. Jadi Anaway Irianti Mansyur itu berasal dr keluarga politik..Bahkan Golkar sebagai kekuatan utama Orde Baru.


187. Anis dan Anaway menikah sebagai sesama aktivis dakwah saat mrk msh sama2 kuliah..(dari sononya dah nekat)


188. Anis kuliah di fakultas syariah LIPIA sementara Anaway di Universitas Negeri Jakarta yg dulu benama IKIP.


189. Mrk hanya berkenalan sepekan dan Anismatta lgsg melamar Anaway..keluarga Anaway tentu saja kaget setengah mati.


190. Tp entah dgn cara bagaimana Anaway akhirnya berhasil meyakinkan keluarganya dan perkawinan mrk berlangsung 3 bln kemudian..


191. Mrk menikah thn 1992..hingga kini mrk dikarunia 4 org puteri dan 3 org putera.. di awal nikah dulu sy bertetangga.


192. Anaway dan suaminya dengan latar keluarga seperti itu dari dulu sama, mereka tak mengalami perubahan berarti.


193. Memang anak tambah banyak. Ini memang khas aktifis. Dugaan saya karena mereka pasangan yg terlalu akrab.


194. Umunya kan mereka tidak mengenal hiburan dan akhirnya..isteri jadi korban…(hehe becandaaaa).


195. Banyak pasangan yang meyakini dan senang melihat anak banyak…saya kira itu hak pribadi dan keluarga.


196. JEN dan saya kira Anaway termasuk yang senang banyak anak. Saya lupa kalau gak salah anaway hamil 10 kali.


197. Itu pula yang terjadi sekarang Anaway benar2 memiliki anak 10 karena Szilvia sudah melahirkan 3 anak.


198. APAKAH karena itu Anaway mudah takluk dan menerima Szilvia tinggal di rumahnya?


199. Sebenarnya faktor yg akhirnya membuat Anaway mengizinkan anis menikah adalah kepercayaannya pada takdir..


200. Ini memang rumit karena di zaman materialisme sekarang apa masih ada yang mau percaya takdir? Kenapa tidak melawan?


201. Anaway yakin saja bahwa Kalau memang ada takdirnya,tdk ada yg bisa menghalangi anismatta menikah Szilvi.


202. APA YANG MAU DILAWAN? trus untuk apa melawan? Untuk ego? Emang hidup bisa kita atur semua oleh kita?


203. Aku juga mencoba membaca kenapa Anaway, perempuan bugis ini bisa tidak melawan? Apa kek gitu….


204. Aku teringat nenekku hajjah Tampawan Hasan. Perempuan Mandar. Aku tak tahu ia isteri ke berapa…belasan.


205. Menurut cerita, kakek kami bersaudara…pengelana. dan dimana mereka berhenti di situ mereka menikah.


206. Maka sepanjang Sunda kecil mereka menikah dan “meninggalkan jejak keluarga”; Bali, Lombok, Sumbawa.


207. TIBALAH mereka di sumbawa pada perhentian ke-3 mereka menemui Nenekku yang masih belia. 15-17 tahun menurut cerita.


208. KAKEK KAMI sudah berusia 60 tahun atau jelang 60-an. Suatu perbandingan umur yang mencolok. Itulah zaman.


209. KAKEK dari abah menikahi gadis sasak dan kakek dari ibu menikahi Datuk Tambawan, gadis Mandar anak opas hasan.


210. Pernikahan dengan gadis mandar itu melahikan ibuku nurjannah sebagai anak pertama, anak perempuan.


211. Zaman itu, ini berita buruk. Sebab rupanya salah satu yang membuat kakekku berkelana adalah karena anak perempuan.


212. Konon, setiap anak perempuan pertama lahir maka kakek memutuskan pindah rumah…dia kecewa atau apa tak jelas.


213. Saya jadi mengerti kenapa begitu banyak istrinya dan kenapa umumnya anak yg ditinggal perempuan.


214. Saya pernah mengelilingi semua anak kalekku di Lombok. Umumnya mereka bibiku dan tak sedikit dalam keadaan sulit.


215. Sekarang kita kembali ke gadis Mandar yang kampung nya tak jauh dari kampungnya anis atau anaway. Dia beda!


216. Ada satu adegan yang sering diceritakan keluarga. Karena ini menjadi alasan kenapa nenekku paling banyak anaknya.


217. Kakek mulai menunjukkan gelagat tidak betah dan nenek mulai mengerti situasi dalam keadaan menyapih bayi pertamanya.


218. Suatu pagi, kakek pamit. Dan nenek yang sedang memeluk bayinya (ibuku sekarang masih hidup alhamdulillah).


219.Nenek menunjukkan reaksi tidak suka. Tapi kakek seperti memaksa. Maka, saat itulah keluar reaksi monumental nenek.


220.Dia rupanya memegang belati, dan ibu muda belum 20 tahun itu mengacungnya sambil memeluk bayi yg menangis keras.


221. Dia mengancam suaminya, “berani keluar rumah, perutmu aku robek!”. Kalimat itu pecah di antara tangis ibu dan bayinya.


222. Sejarah kini mencatat kakek tak “keluar rumah” sampai akhir hayatnya dan nenekku memberinya banyak anak.


223. Aku pengagum nenek dan ibuku. Aku pengagum perempuan kuat. Dalam kerangka itu aku lihat Anaway. Dia hebat.


224. Aku bisa mengerti sikap Datuk Tampawan karena ia melihat situasi. LELAKI TUA INI HARUS DISTOP. Aku yakin itu cinta.


225. Mungkin cinta nenek tak banyak yang paham,melampaui zaman. Dia hebat, kelak ketika Masyumi masuk ke Sumbawa nenek jadi Jurkam.


226. JADI jika poligami adalah jalan agama maka jodoh juga adalah ketentuan Allah. Itulah yang kutahu dari anaway.


227. Dlm percakapan dgn Anaway kata takdir paling sering terulang..Anaway mengucapnya dengan ringan..


228.Tdk ada perempaun yg mau dimadu,kata Anaway suatu ketika,tp kt tdk punya pilihan atas takdir yang Allah tentukan.


229. Krn jodoh seluruhnya ada dlm takdir Allah, kt tdk pernah bisa menghindari takdir yg akan berlaku utk kt, katanya lg..


230.Berat memang, justru karena berat tak semua orang berani melangkah..tak semua orang berani mengambil sikap terbuka.


231. JEN dan Anaway telah membicarakan topik ini lama…awal mula sebagai pengetahuan dan lama2 jadi kenyataan.


232. Mrk adalah keluarga bahagia..scr sepintas sebenarnya orang akan melihat poligami sebagai indikasi ada masalah..


233. Itu karena orang tidak tahu bahwa ..kepercayaan pd takdir, tradisi keluarga,konsekuensi dakwah..jd latar.


234. Di satu sisi Cinta hrs ditempatkan sbg perasaan pribadi manusia yg paling suci di tengah konteks pergerakan dan politik..


235. Karena ini privacy kadang sy menentang orang membicarakannya secara publik. Tapi ini jadi berita dan ini tentang anis matta.


236. Di luar itu saya bisa berdebat dengan orang yang paling liar pikirannya bahwa ini pilihan pribadi orang.


237. Buat apa mempersoalkan pilihan privat? Bukankah kelompok2 liberal menetang hal itu? Ayok konsisten.


238. Bahkan kalau mau bikin perbandingan cara @anismatta jauh lebih terhormat dr cara siapapun termasuk kakekku dan sukarno. hehe


239. Saya hanya mau menggambarkan secara lebih natural sebagai perbandingan dari gossip media massa dan infoteinment.


240. Karena meski itu pilihan pribadi, dimensi latar dan prosesnya rumit dan kompleks.


241. JEN PERNAH CERITA BAHWA bercandaan poligami dgn anaway di mulai thn 2000. Dalam suasana setelah kalah pemilu.


242. Maklum orang kalah, katanya. Dan sebagai sekjen partai ia memikul tanggungjawab. Tapi boleh dong becanda.


243. Bahkan suatu saat tahun 2002 Anis memberanikan minta izin menikah ke ush.Hilmi (ini becanda dimensi ke-4)..hehe..


244. Jen memang suka melayang…idenya nampak acak tapi lama2 kelihatan teratur…ini menyebalkan..


245. Ini orang gak ada matinye kata orang betawi. Ada aja yg dikerjakan. Gak bisa distop dan gak bisa kapok.


246. Banyak kisah hidupnya yang unik. Anda percaya kalau ada anak kecil pergi ke puskesmas sendiri?


247. Lalu di puskesmas dia minta di sunat dan tanpa pendamping dia disunat.


248. Lalu setelah disunat, dengan burung diperban dia naik angkot pulang sendiri. Anak kecil itu @anismatta .


Zuhur dulu…


Makkah dalam konstruksi besar….tak ada habisnya….udara sejuk…


249. Anis matta memang lahir di bone 45 tahun lalu. Tapi keluarganya perantau. Mereka keluarga pedagang.


250. Sebagian dari masa kecil-nya di ambon. Karena itu sekolahnya juga unik.


251. Pernah di sekolah katolik, pesantren NU dan Muhammadiyah dan lalu kuliah di LIPIA sekolah saudi.


252. Jangan lupa dia pernah kuliah sama sy di UI depok S2 (gak selesai) dan juga salah satu lulusan terbaik Lemhanas.


253. Sejak PK berdiri 1999 beliau sudah menjadi salah satu konseptor partai dan akhirnya menjadi sekjen dari 4 presiden.


254. Maka, begitu penting posisinya di dalam. Kami para sahabat sering bertanya keras tentang langkahnya.


255. Termasuklah soal permintaan ijinnya ke ust. HILMI itu…”Apa2an ente jen?”. Emang punya calon?..hehe..


256. MAKSUD SAYA “ade ape nih?”..”lu lagi berantem ame anaway?”…dia bilang kagak..trus? Maunya apa ninggalin kite…?


257. Maksud saya, bukan minta ijin bareng…enak aja…tapi apa yang terjadi dengan ijinnya itu? Kami bingung…


258. Dan jawabannya itu yg nyebelin, “minta aja ijin dulu..siapa tahu diijinin kan tinggal jalan…”..nah loh..


259. Haregene..eh partai kalah..kita semua lagi pusing…ente juga pusing kan..tapi jangan gitu dong caranya…


260. Keruan saja, jawaban ustadz Hilmi. “Nis, ente sekjen dan tanggungjawab ente menangkan partai pemilu 2004…fokus kesitu.


261. Memang beliau tidak mengunci mati karena dasarnya itu hak pribadi orang merdeka. Tapi saya mengerti situasinya.


262. Kekalahan pemilu 1999 sangat memukul sebagian besar kader dan pimpinan partai. Bahkan ada yg kapok.


263. Ada yang mengusulkan agar kita tidak perlu bikin partai, cukup bikin ormas dan itu lebih aman. Lebih cocok.


264. Musyawarah memutuskan kita maju terus dan dalam transisi dari PK ke PKS itulah kita harus fokus.


265. Pesan pimpinan emang membuat pak sekjen fokus. Seperti tulisan di kamar SMA dulu kalau mau ujian: “NO Time For Love!”.


266. Stlh itu kami memang benar2 fokus ke pemenangan pemilu agar PKS bisa eksis dan tdk terlempar dr panggung politik..


267. Stlh meraih suara cukup besar 2004, jen mendapat tugas tambahan untuk menjurubicarai PKS di luar negeri…


268. PKS merasa harus membantu banyak negara memahami reformasi Indonesia dalam kerangka Islam dan Demokrasi.


269.Itulah awalnya mengapa sy sbg wasekjen banyak menemani beliau dlm perjalanan Luar negeri khususnya dunia Islam..


270. Ceramah2 anismatta di berbagai negara itu umumnya berkisar soal transisi demokrasi di Indonesia stlh reformasi..


271. Ceramah2 itu menjembatani kalangan Islam dan Negara yg sdh terlalu lama mengalami ketegangan..utamanya di negara Islam.


272. PKS berpendapat Sdh waktunya hubungan Islam dan Negara direhabilitasi..dan demokrasilah jembatan utk itu..


273. Dan Dalam rangkaian perjalanan2 itulah akhirnya kisah cinta ini bersemi bukan tanpa sebab.


274. Dlm thn2 yg sulit sblm pemilu 2004 anismatta menulis serial kepahlawanan di majalah Tarbawi utk memotivasi kader.


275. Tp stlh 2004 anismatta menulis serial cinta sbg lanjutan serial kepahlawanan sblmnya..


276. Saat2 menulis serial cinta itulah @anismatta mengalami kisah ini..tulisan2 itu adalah anak2 hatinya..


277. Sadar bhw ini keputusan sangat besar, @anismatta mencoba melakukan langkah2 yg diajarkan agama Islam..


279. @nismatta jg melakukan sholat istikharah dan meminta anaway dan szilvia melakukan hal yg sm..ini penting.


278.Di satu sisi anismatta mulai mempersilahkan anaway dan szilvia saling berkomunikasi..dan meminta mrk jujur n terbuka..


280. Mrk bertiga mengalir perlahan menantikan apa yg akan menjadi takdir mrk..jen menekankan naturalitas itu.


281. SEPERTI JANJI DAN KOMITMENNYA SEJAK AWAL bhw jika anaway tdk setuju maka rencana itu batal seluruhnya.


282. Setiap org yg akan masuk dlm hidup kt, kata anaway, hrs dipastikan bhw kt dan dia bs saling bekerja sama..


283. Sebab perkawinan kedua ini bukan pelarian dr kegagalan pd perkawinan pertama..mrk adalah keluarga bahagia kok.


284. Apa yg ingin diketahui anaway dr szilvia adalah kejujurannya dan kesiapannya utk menanggung semua resiko dr kehidupan bersama..


285. .Anaway sadar bhw suaminya adalah seorang aktivis dan pemimpin partai,suaminya punya tanggung jawab besar.


286. Anaway ingin memastikan bhw ini bukan cinta picisan, bhw szilvia benar2 siap menjalani hdp yg berat..


287. Anaway melakukan itu krn sejarah hidupnya dgn benar2 dimulai dr bawah..ia merasakan semua pahit getir kehidupan bersamanya..


288. .Walaupun berasal dr keluarga terpandang tp ia memilih menjalani hidup yg berat sebagai aktivis dakwah..


289. Hidup yg telah mrk jalani slm 14 thn itu terlalu indah utk dirusak oleh seseorang yg tdk bisa beradaptasi dgn jalan hidup itu..


290. Suatu saat Szilvia mengeluh ke @anismatta krn merasa mendapat pertanyaan2 yg menyudutkan..tp apa jawab @anismatta?


Ke Harom dulu….ashar di makkah…


291. Bagian ini paling penting, bagian ini yang paling tidak terbaca orang…bagian ini yg paling rumit.


292. Saya mungkin agak iseng…karena kalau soal poligami sy punya referensi yang cukup.


293. Saya membaca sejarahnya dan saya mengerti kenapa ia menjadi perhatian kita sepanjang masa. Banyak keliru.


294. Pada kasus Anis Matta menurut saya adalah di antara contoh sukses yang nyata. Bukan seperti fiksi dalam ayat2 cinta.


295. Kisah Bung Karno banyak orang tidak suka bicara karena sebetulnya itu contoh gagal.


296. BUNG Karno tak pernah terbukti sanggup mengumpulkan 2 perempuan secara damai bahkan tragis.


297. Pernikahan dengan Siti Utari menurut beliau karena menghormati gurunya HOS Tjokroaminoto. Utari baru berumur 15 tahun.


298. Ketika Utari dibawa ke bandung si Bung jatuh cinta pada ibu kos, Inggit Garnasih. UTARI dipulangkan.


299. Demikian pula ketika dibuang ke Bengkulu seperti saya cerita. bung jatuh cinta pada Fatma. INGGIT menyingkir sedih.


300. Dan yang paling tragis adalah saat Guruh dilahirkan bu Fat sebagai anak terakhir. BUNG pergi menikahi Hartini.


301. Itulah sejarah bangsa kita sampai si Bung menikah 9 kali yg tercatat dan entah berapa yang tidak.


302. Poligami yang dilaksanakan secara akurat tentu lebih mulia dari berganti pasangan. Resmi atau tidak.


303. Maka dialog segitiga Anaway-Szilvia-Anis menjadi menarik untuk disimak. Kembali ke cerita tadi.


304. Ada perasaan dikasari dari Szilvia oleh pertanyaan Anaway sebagai Isteri Anis. Apa reaksi Anis?


305. Kt akan menghadapi masalah2 sprt itu tiap hari..kalau kamu tdk siap ya jgn lanjut, sergap anis tanpa tedeng aling2.


306. Mungkin terasa kejam,tp sebenarnya ia ingin membuka semua potensi masalah sejak awal..sblm mengambil keputusan akhir.


307. Komunikasi segitiga terus berlanjut sambil mrk masing2 melakukan sholat istikharah..memantapkan hati.


308. Disitu ada kejujuran, keterbukaan, kepasrahan, dan kesiapan menjalani takdir baru dlm hidup..


309. Nampak sekali Mrk mengalir bagai air, sebab keputusan apapun yg akan mrk ambil hrs bisa dipertanggungjawabkan..


310. Kalau Szilvia benar2 mencintai @anismatta,kt anaway,dia pasti tahu apa yg hrs dia lakukan utk menjadi istrinya..


311. Akhirnya Szilvia jg sadar bhw keinginannya utk masuk dlm kehidupan @anismatta tak semudah yg ia bayangkan..


312. Krn itu Szilvia memutuskan bersabar menjalani semua proses itu..dia hrs memahami anaway lbh dalam..


313.Sejak itu Szilvia tak pernah lg mengeluhkan semua proses,dia menjalaninya dgn sabar..dia belajar bab ikhlas.


314. Kesabaran itu akhirnya berbuah krn akhirnya Anaway yakin Szilvia memang benar2 jujur dlm Islam dan cintanya..


315.Anaway bahkan jatuh hati kpd Szilvia..dan merasa tdk berhak mencegahnya masuk dlm kehidupan mrk..


316. Selain itu,bg Anaway ini pd akhirnya adalah dakwah..Szilvia sdh masuk Islam dan kt hrs membantunya menjadi muslimah yg baik..


317. Dan Jika perkawinan adalah jalannya,Anaway bersedia berkorban utk itu semua..itu adalah pertanggungjawaban moral.


318. Sy hrs mengakui bhw heroisme Anaway lah yg memungkin jalan perkawinan ini jd lbh mudah..tak terbayang jika tidak.


319. Adapun jen, melihat dua perempuan itu melunak dia terus melaksanakan sholat istikharoh. Dia ingin mantap betul.


320. Pd akhir desember thn 2005 Anismatta berkunjung utk kedua kalinya ke Hungaria dan bertemua dgn keluarga Szilvia.


322. Yang menarik aku dengar. Kakek Szilvia menyuruhnya membaca Alquran.konon mereka terkesan dgn utsmani.


321. Ayah Szilvia adalah seorang pengusaha konstruksi..setengah baya badannya kekar. Sekali tinju kita bisa pingsan.


323. LALU setelah semua komunikasi itu selesai komunikasi dgn Anaway selesai,anismatta meminta pendapat kami sbg sahabatnya..


324. Apalah yang bisa kami buat. Kawan ini kalau melangkah kan gak pernah sembarangan.


325. Paling2 kita ngecek prosedur. Apakah ini sudah legal dan prosedural…chieee..


326. MAKSUD SAYA ini orang sudah istikharoh dan konsultasi sama Tuhan nah apa pulak yang bisa dibantah?


327. .Anismatta tlh melakukan semua proses itu:istikharah dan musyawarah..ini pasti bkn cinta yg biasa..


328. Apa yg sebelumnya tdk bisa dibayangkan mulai tampak seperti mungkin terjadi..karena hati telah lembut.


329. Kami bertiga akhirnya mendukung rencana mereka hidup dalam satu rumah tangga.


330. Apa alasannya menolak??..sbg sahabat kami berkewajiban menjaga jen dr kemungkinan masalah yg dpt merusak hidup beliau..


331. Sekali lagi itu kan urusan pribadi tapi cobalah lihat bagaimana cara lelaki ini mengambil haknya…


332. Sebetulnya keputusannya adalah tanggungjawabnya tetapi kami melihat semua dalam rangka kebaikan.


333. Pertanyaan paling mendasar adalah apakah ada pihak yang dizalimi? Siapa yg dirugikan?


334. Cinta mrk jd besar krn ada anaway yg heroik dan lapang dada,ada szilvia yg jujur dan sabar, serta jen yg persuasif.


335. Tp rasanya ini too good to be true..kami semua tdk cukup yakin bhw cinta ini benar2 akan berujung ke pelaminan.


336. Tentu tak ada yang benar2 selesai. Hidup selalu ada dinamika. Dan sekarang jen sudah jadi den (presiden).


337. Dicalonkan jadi Capes lagi…padahal dia sdh mundur jadi pejabat publik dan tidak mau nyaleg.


338. Jabatan wakil ketua DPR yg ditinggalkannya bukan posisi kecil. Tapi Den tak pernah menghitung jabatan.


339. Niatnya hanya memperbaiki niat. Sebab jika niat kita bengkok kita takkan pernah sampai tujuan surga.


340. MAJU TERUS DEN @anismatta. Seperti katamu jangan takut melihat ombak. Kita orang pesisir. (Bersambung).


Tepatnya kita bangsa pesisir. Garis pantai kita yang menyentuh ombak terpanjang di dunia. Hanya kalah dgn Canada.


Magrib di Harom…bagian 4: keluarga dan politik akan saya twit di tanah air kali ya?


341. Kepalaku panas..tak bisa aku berhenti memikirkan seorang sahabat sekaligus bos…@anismatta


342. Jen yang sekarang jadi Den tetap bos ku…aku panggil saja Jen…sebab kadang2 aku ingin menjadi prajurit.


343. Iya, aku prajurit dari imajinasinya yang melayang dan aku harus melayang terkadang. Siap Jenderal!


344. Di sela2 Zikir di Baitullah, di Tanah Suci aku ingin dengan niat baik menulis pernikahan Jen dan Isterinya Szilvia.


345. AKU INGIN mengungkap kebesaran hati Anaway…tidak untuk menakuti perempuan lain. Hanya sebagai kisah.


346. AKU INGIN menulis sedikit yang kutahu tentang Szilvia yg kukenal sebagai manajer toko di Budapest.


347. MANAJER TOKO DARI BUDAPEST (bisa jadi judul tuh)..yang kemudian menjadi muslimah pendamping Jen.


348. Aku ingin bersaksi bahwa kisa ini bukan fiksi. Ini kisah nyata. Tentang orang2 yang meyakini takdir.


349. Ini kisah tentang hidup yang rumit maka kita sederhanakan saja dalam kepasrahan kepada Allah.


350. Ini kisah tentang keberanian membuka topeng dan mencemooh kepalsuan simbolik sehari-hari yang mengangkang.


352. Yang kusenangi dari jen bukan nekadnya seperti dulu waktu kecil pergi ke puskesmas khitan sendirian naik angkot.


353. Aku senang karena dia adalah sedikit dari orang yang membuatku bisa merenung panjang.


354. Aku, kalau sudah punya mau dan aku yakin bisa menjebol tembok batu aku akan tabrak. Tidak peduli satu dunia.


355. Jen adalah sedikit dari orang yang bisa membuatku belok atau bertahan sebentar. Menyuruhku berpikir ulang.


356. Kembali ke kisah pernikahan Jendral @anismatta yang rada2 mirip nagabonar. Dia ada slebornya juga (piss hehe).


357. Akhirnya mufakat tercapai antara anaway,szilvi n Jen..cinta ini hrs dibawa ke Pelaminan..(tambah popcorn).


358. Mrk bertiga merasa mantap utk melangkah lbh jauh,wkt utk saling mengenal rasanya sdh cukup..


359. Jangan lupa bahwa sebagian dari percakapan ketiganya juga belangsung lewat email dan kadang telepon.


360. SZILVIA dalam dialognya juga menyampaikan keinginannya melihat Indonesia. Juga ingin belajar Islam di sini.


361. Tapi baru pada kunjungan ke tiga ke Budapest Jen mengijinkan Szilvia datang ke jakarta. SZILVIA TENTU SENANG.


362. Proses ini tidak semata2 demi pernikahan. Tidak ada janji pasti, istikharoh masih terus dijalankan. Kepastian dr Allah.


363. Sprt apa akhirnya perjalanan mrk kami semua tdk tau..cinta manusia ini sdg menanti penyelesaian takdir..


364. Mengantisipasi semua kemungkinan itu Jen mengajukan sebuah kesepakatan yg tdk akan merugikan siapapun di kemudian hari..


365. Szilvi diberi kesempatan utk berkunjung ke Jkt slm 2 pkn..selama itu szilvi adalah tamu jen, dan hanya tamu.


367. Szilvia diminta bertemu dgn istri,anak2,ayah ibu dan keluarga anismatta..dan merasakan kehidupan umum di Indonesia.


368. Jika dlm masa 2 pkn itu mrk bertiga sepakat utk lanjut,mk pernikahan itu bs dilaksanakan saat itu juga.


369. Jk slh st pihak tdk setuju,khususnya szlvi atau anaway,mk szilvi kembali ke budapest seperti tak pernah ada apa2.


370. Aku tahu maksud Jen, ini soal akurasi dan perhitungan matang….ini bukan langkah sembarangan…




371. Waktu itu aku tahu, salah satu opsinya jika gagal dan szilvia kembali ke Budapest maka resiko ditanggung Jen.


372. Jangan lupa bahwa meskipun risiko ditanggung bersama tapi rasanya perjalanan szilvia paling jauh.


373. Maka jikw gagal Jen akan menanggung biaya hidup selama 2 thn (bkn bln) sesuai dgn jumlah pendapatan szilvia saat itu.


374. Itu krn szilvi meninggalkan pekerjaannya,bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan baru yang jauh lebih baik


375. Saya mendengar sebuah perusahaan mobil di eropa menawarnya dengan gaji 4 kali gaji lamanya. Tapi di sdh bulat.


376. Jadi dgn menanggung biaya hidup slm 2 thn jk pernikahan batal Jen ingin mengapresiasi pengorbanan gadis muallaf itu.


377. Semua sepakat dan semua deal disetujui. Tinggal melaksanakan sesuai rencana mereka bertiga.


378. Tapi ada satu hal yang belum disampaikan dan belum selesai. Yaitu soal ijin ketua Majelia Syuro.


379. MASIH ingat kan soal ijin yang ditolak tahun 2002? Kan belum ada ijin baru. Lqlu bagaimana caranya?


380. Aku tahu Jen pasti pilonnya keluar tapi pilon yang ada hitungannya (nah loh..belom pernah denger kan?)


381. Dengan ringannya dia menjelaskan posisinya di partai. Dan bahwa kalau ketua MS gak setuju maka semua batal.


382. Kasarnya, meski mereka bertiga sudah sepakat tetapi jika partai memutuskan tidak maka semua batal.


383. Mungkin tdk gampang bg szilvi utk mengerti situasi itu tp iya menerima jg sbg bagian dr proses. Dia sdh siap.


384. Terasa betul nuasa cinta dan kepasrahan dlm proses menuju pernikahan itu. Tak ada deskripsi lain yg layak.


385. Ada cinta manusia,ada disiplin organisasi dan semua dibalut dlm kepasrahan kpd takdir..kalau ada jodoh pasti ada jalan.


386.Ada antisipasi lain yg dilakukan @anismatta..bgmn jk pernikahan itu berantakan di tengah jalan? Mungkin saja.


387. Jd Jen mengajukan syarat,jk mrk menikah mk slm 2 thn pertama tdk ada buku nikah dan tdk ada anak..


388. No paper no children utk 2 thn pertama adalah antisipasi kalau mrk merasa tdk cocok krn berbagai sebab yg mungkin sj terjadi.


389. Seandainya sblm 2 thn mrk bercerai tdk ada masalah legal yg rumit bg mrk bertiga..itu salah satu pertimbangan.


390. Szilvi jg akan lbh mudah mendapatkan suami baru krn tdk punya bawaan yang lebih kompleks.


391. Tp jk itu terjadi Jen @anismatta akan tetap menanggung biaya hidup slm bbrp thn yg bisa mrk sepakati kemudian..


392. Jen kelihatannya memang terlalu rigid dan antisipatif..tp sbg org eropa szilvi malah menyukai sikap itu..


393. Ketika akhirnya szilvi tiba di jkt anismatta menyambutnya dengan kalimat “welcome to the junggle”.


394. Szilvi tersenyum mendengarnya sambil bertanya knp disambut begitu? Apakah kau nervous?


395. Kata Jen serius, “Sebab hidup tdk akan mudah bagimu dan bagi kita semua setelah hari ini”..provokator ulung.


396. “Benar jg sih, sbb jk kt tdk jd menikah kt akan menanggung rindu dan kecewa dlm wkt yg lama”..kata szilvia. AMPUUN.


397. “Tp jk jd menikah kt jg akan menanggung beban hidup yg tdk ringan..” Samber sang Jen, kayak dialog sinetron.


398. Ada beban emosi, beban sosial,beban politik dan tentu sj beban keuangan..semua akan mereka tanggung.


399. Perkenalan dgn keluarga Jen berjalan dgn baik sejak kedatangan szilvi..semua keluarga dan anak2 tak ada masalah.


400. TAPI JANGAN lupa, izin pimpinan Partai belum keluar. Tuan sekjen sudah janji kepada kami bahwa itu syarat mutlak.


Besok lagi ya…boo bo aja…sy antar anak beli jam dulu…barusan nangis…


***


Abis subuh di Harom…Makkah dingin sekali pagi ini…inilah mungkin suasana .pengimbang panas hati. orang lain.


401. KISAH INI TAKKAN MUDAH bagi banyak orang. Terutama bagi kekuarga jen. Khususnya Anaway dan anak2nya.


402. Kisah ini juga tidak mudah bagi banyak perempuan yang khawatir ini akan jadi propaganda.


403. Tak mudah juga bagi teman2 aktifis perempuan yang terkena stigma seolah ini hanya pembenaran.


404. Maka tentu tak mudah juga bagi saya karena saya akan dituduh memasuki pribadi orang. Tapi apa pilihannya?


405. Masalahnya Jen telah menjadi manusia publik. Suka atau tidak. Dan kita memilih jalan yang rumit ini.


406. Jen sendiri aku tahu ketika ditanya dia lebih suka sepi. Apa sih enaknya diomongin orang?


407. Menjadi orang yang dikenal luar itu seperti merelakan tubuh kita dicabik sekawanan serigala. Tiada henti.


408. Setelah itu mungkin ada yang menambal lalu tercabik lagi. Tapi keduanya serasa sakit. Kita kehilangan hidup yg sepi.


409. Maka bagi @anismatta sebenarnya yg berat justru izin partai… urusan pribadi ijin partai.


410. Selama di jkt itu anaway-lah yg mengantar szilvi kemana2..termasuk memperkenalkannya ke keluarga anaway sendiri.


411. Jen sendiri tdk banyak bertemu dgn szilvi slm 2 pkn itu utk memberi kesempatan yg leluasa bg mrk berdua saling mengenal.


412. Perbedaan budayalah yg paling dikhawatirkan Jen, disamping tentu perbedaan umur yg terpaut 12 thn.


413. Tp semua berjalan dgn baik smp disitu..tinggal izin partai..duh ini lagi…


414. Sblm meminta izin ke ust.Hilmi Aminuddin anaway sdh lbh dulu membawa szilvi ke rmh beliau.


415. Stlh itu barulah Jen menemui ust.hilmi..bg beliau masalah pribadi sprt ini hrs dikelola dlm konteks kepentingan organisasi.


416. Tdk mudah bg beliau (Ust Hilmi) utk mengizinkan anismatta menikah lg terutama krn beban organisasinya sbg sekjen.


417. Selain masalah beban itu jg bagaimana ini akan berdampak bagi kader scr umum…pimpinan hrs menjadi contoh.


418. Diskusi di seputar itulah yg alot diantara mrk berdua yg berlangsung sekitar 2 jam.


419. Sebegitu alotnya akhirnya ust.hilmi mengajukan satu pertanyaan sangat penting kpd @anismatta sbg sekjen.


420. Bagaimanapun, kata beliau, suatu saat antum mungkin akan jd pemimpin nasional di masa yg akan datang, apa ini tdk akan jd masalah??


421. Jen terdiam lama lalu menjawab.. ust, katanya, sy tahu diri saya ust, sy lbh tepat utk kerja2 dapur ketimbang jd pejabat publik.


422. Sejak lama memang anismatta menyadari fakta ttg dirinya yg tdk tepat utk jabatan publik..itulah mengapa selalu menghindarinya.


423. Anismatta bs mengoperasikan partai dgn baik tanpa hrs menjadi pejabat publik..dari dulu itu ia yakini.


424. Orientasinya lbh kuat ke achievement drpd power. Baginya power adalah tool of achievement bukan sebaliknya.


425. Mungkin krn itu ia gampang meninggalkan jabatannya sbg wakil ketua dpr saat hrs jd presiden partai.


426. Dlm banyak kesempatan anismatta sll mengatakan jabatan tdk serta merta membuatmu bisa berkontribusi.


427. Tp jika kamu punya kapasitas besar kamu pasti berkontribusi walaupun tdk punya jabatan..kata jen.


428. Itu dasar dr jawaban2nya kpd ust.hilmi saat itu..dia lbh nyaman jd org dapur ketimbang jd org panggung.


429. Ada pikiran lain yg berkecamuk dlm dirinya saat..yaitu keinginan utk menguji dirinya sendiri sbg leader. ini rahasia jen.


430. Baginya fase ini adalah ujian kepemimpinan..ini ujian stabilitas emosi dan spiritual.


431. Ini jg ujian kemampuan mengelola org..ujian bagi kemampuan memikul beban..kalau ini saja gagal apa lagi yg lain.


432. Manusia sll punya dua sisi dlm hidupnya..rumahnya dan pekerjaannya..itu jen kelola secara seimbang.


433. Bagi @anismatta Keluarganya adalah fondasi sosialnya bagi kehidupan profesionalnya.


434. Jk seseorang hanya sukses di salah satunya itu artinya ia tidak akan bisa terbang krn hanya punya satu sayap.


435. Alhamdulillah izin itu akhirnya keluar jg..keesokan harinya mrk lgsg menikah..sederhana tapi mendebarkan.


436. Pernikahan dilangsungkan di rmh anismatta sendiri..tgl 2 mei 2006 stlh magrib..rumahnya sampai sekarang.


437. Anawaylah yg mendandani szilvia dan menyiapkannya sbg pengantin lalu membawanya ke ruang tamu sekaligus musholla.


438. Malam itu Irel bertindak jd wali, aboe bakar alhabsyi khutbah nikah, dan saya bersama hendro jd saksi.


439. Ayah ibu dan anak2 Jen hadir dlm acara itu..semua berlangsung singkat dan sederhana.


440. Takdir adalah penjelasan terbaik utk itu semua..sebab kami tdk punya bayangan bhw ini akan benar2 jd kenyataan.


441. Ketika menjadi wakil ketua dpr thn 2009 Anismatta memasukkan 2 Istri dalam LHKPN dan ditulis dlm profil anggota dpr.


442. LHKPN adalah Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara kepada KPK yg diupdate setiap tahun. Boleh tanya Johan Budi.


443. Sejak awal @Anismatta tdk khawatir itu akan mengganggu jalan hidupnya sbg politisi.


444. Sebab politik baginya adalah medan pengabdian, sarana ibadah kpd Allah, bukan karir yg direncanakan apalagi ambisi.


445. Yg penting baginya adalah kontribusi bukan posisi..itulah mengapa ia jd org yg benar2 merdeka dan hidup tanpa beban target karir.


446. Nilai seseorang akhirnya pd kontribusinya bukan pd posisi yg dia duduki..dan itu berpulang pd keikhlasan dan kapasitas..


447. Itulah yg terjadi thn 2009..anismatta berhasil memimpin pemenangan pemilu PKS dgn tambahan 12 kursi dpr baru dr 45 ke 57 kursi.


448. Jen gila kerja. Waktu menjadi ketua TPPN (Tim pemenangan pemilu nasional), partai digerakkan kerja seperti orang gila.


449. Jen bisa tidak tidur berhari2 kalau dianggap perlu. Dan itu sering. Saya tidak kuat.


450. Saya ingat ketika pernah diajak tidak tidur saat akhir minggu tenang dan penghitungan suara.


451. Sudah malam tidak tidur habis subuh diajak olah raga sambil cari sarapan di daerah kota.


452. Terpaksalah kita kuat2in aja…tapi anehnya ya jadi kuat beneran. Meski minggu berikutnya aku tidur seminggu.


453. Sy kira krn track record itulah akhirnya MS aklamasi memilihnya jd presiden saat pks diterpa badai.


454. Dan sampai hari ini Jen masih yang dulu. Tentu aku ingin dia memimpin negeri ini. aku yakin negeri akan tambah baik.


455. Orang boleh bicara apa saja. Tapi adalah kewajibanku menyampaikan cerita yang tak mungkin dia lakukan sendiri.


456. Setelah ini aku akan berhenti bicara tentang keluarga jen. Cukuplah apa yang sudah kusebut.


457. Aku minta maaf kepada semua yang terluka dan aku minta maaf kepada semua kata2 salah.


458. Karena ini telah menjadi berita publik aku minta koreksi kalau ada salah.


—(BERSAMBUNG) “KELUARGA DAN POLITIK”—

Gagalnya ‘Rekayasa’ untuk PKS: Teori Contructivism

1382834046106380752
searc google.co.id
TEORI CONTRUCTIVISM 
Menjelang pemilihan umum 2014, publik Indonesia makin diramaikan dengan berbagai pemberitaan kasus korupsi yang melibatkan elit – elit partai politik yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebagian kasus sudah memiliki ketetapan hukum berdasarkan putusan pengadilan, sebagian sedang menjalani proses hukum dan sebagian masih menjalani proses penyidikan.
Pada bulan September 2012 Kementerian Sekretariat Negara mempublikasikan catatan pemberian izin penyelidikan dan penyidikan pejabat negara dan anggota dewan yang terlibat kasus hukum. Namun Sekretariat Negara tidak memerinci berapa jumlah pejabat yang hanya terlibat kasus korupsi. Berikut ini adalah data yang dirilis Sekretariat Kabinet berdasarkan partai politik induk para pejabat negara terduga korupsi dan pelaku tindak pidana umum tersebut:
Peringkat 1: Partai Golkar 64 orang (36,36 persen),
Peringkat 2: PDI-P 32 orang (18,18 persen),
Peringkat 3: Partai Demokrat 20 orang (11,36 persen),
Peringkat 4: PPP 17 orang (3,97 persen);
Peringkat 5: PKB 9 orang (5,11 persen),
Peringkat 6: PAN 7 orang (3,97 persen),
Peringkat 7: PKS 4 orang (2,27 persen),
Peringkat 8: PBB 2 orang (1,14 persen),
Peringkat 9: PNI Marhaen, PPD, PKPI, Partai Aceh masing-masing 1 orang (0,56 persen),
Peringkat 10: Birokrat/TNI 6 orang (3,40 persen),
Peringkat 11: Independen/non partai 8 orang (4,54 persen).
Peringkat 12: Gabungan partai 3 orang (1,70 persen).
Pada 30 Januari 2013, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga anggota DPR-RI, Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) ditangkap oleh KPK dan ditetapkan sebagai tersangka kasus impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Kasus ini bermula dari penangkapan Ahmad Fathanah, seorang teman dekat Luthfi yang awalnya diduga juga sebagai kader PKS, tetapi kemudian dibantah oleh Anis Matta yang saat itu menjabat sebagai sekretaris jenderal PKS. Bantahan ini diulangi oleh Fathanah sendiri di hadapan pengadilan. LHI menjadi politisi PKS pertama yang menjadi tersangka KPK (http://id.wikipedia.org).
Kasus ini melebar dan berindikasi pada Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang melibatkan para wanita, artis dan selebritis nasional teman Ahmad Fathanah dalam aliran dananya. Kasus inipun menjadi head line diberbagai media massa dan media sosial. Pemberitaan tentang LHI dan PKS yang menyertakan nama – nama wanita ‘disekeliling’ Ahmad Fathanah tentunya mencoreng citra PKS dimata publik sebagai partai Islam/dakwah yang sebelumnya memiliki tag line bersih – peduli  dan profesional.
PKS akhirnya melakukan suksesi kepemimpinan dan konsolidasi internal dalam hitungan jam setelah pengunduran diri LHI sebagai Presiden PKS dan digantikan oleh Anis Matta tanpa ada gonjang ganjing politik di internal kader. PKS bahkan mampu memenangkan kadernya pada dua pemilihan gubernur, yakni Jawa Barat dan Sumatera Utara serta beberapa pilkada ditengah maraknya pemberitaan media terhadap LHI yang membawa – bawa nama PKS.
Table 1. Kader PKS Memenangkan Pilkada
No
Nama Pilkada
Posisi Kader
Pengusung/ Koalisi
Pelaksanaan
1.
Pilgub Jawa Barat
Gubernur
PKS, PPP & Hanura
24 Februari 2013
2.
Pilkada Sukabumi – Jawa Barat
Wakil Walikota
PKS dan Partai Demokrat
24 Februari 2013
3.
Pilgub Sumatera Utara
Gubernur
PKS, Hanura
7 Maret 2013
4.
Pilkada Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) – Kalsel
Wakil Bupati
PKS, Golkar, PKB dan PDIP
3 April 2013
5.
Pilkada Kabupaten Seruyan – Kalteng
Bupati
Independen – PKS
4 April 2013
6.
Pilkada Kota Bandung – Jawa Barat
Wakil Walikota
PKS - Gerindra
23 Juni 2013
7.
Pilkada Kabupaten Luwu – Sulawesi Selatan
Wakil Bupati
Golkar, PKS, PPP
18 September 2013
Sumber: www.pkspiyungan.org
PARADIGMA KONSTRUKTIVISME
Jesse Delia menjelaskan, Constructivism is a communication theory that seeks to explain individual differences in people’s ability to communicate skillfully in social situations (Griffin. 2012 : 98). Konstruktivisme adalah teori komunikasi yang berusaha untuk menjelaskan perbedaan individu dalam kemampuannya untuk berkomunikasi terampil dalam situasi sosial
Paradigma konstruktivisme dapat ditelusuri dari pemikiran Weber yang menjadi ciri khas bahwa prilaku manusia secara fundamental berbeda dengan prilaku alam. Manusia bertindak sebagai agen dalam bertindak mengkonstruksi realias sosial. Cara konstruksi yang dilakukan kepada cara memahami atau memberikan makna terhadap prilaku mereka sendiri. Weber melihat bahwa individu yang memberikan pengaruh pada masyarakat tetapi dengan beberapa catatan, bahwa tindakan sosial individu berhubungan dengan rasionalitas. Tindakan sosial yang dimaksudkan oleh Weber berupa tindakan yang nyata-nyata diarahkan kepada orang lain. Juga dapat berupa tindakan yang bersifat “membatin”, atau bersifat subjektif yang mengklaim terjadi karena pengaruh positif dari situasi tertentu (Sani. 2007: 1).
Sementara Deddy N. Hidayat (1999: 39) menjelaskan bahwa ontologi paradigma konstruktivis memandang realitas sebagai konstruksi sosial yang diciptakan oleh individu. Namun demikian, kebenaran suatu realitas sosial bersifat nisbi, yang berlaku sesuai konteks spesifik yang dinilai relevan oleh pelaku sosial.
Sejauh ini ada tiga macam Konstruktivisme yakni konstruktivisme radikal; realisme hipotesis;  dan konstruktivisme biasa (Suparno. 1997: 25).
1. Konstruktivisme radikal hanya dapat mengakui apa yang dibentuk oleh pikiran kita. Bentuk itu tidak selalu representasi dunia nyata. Kaum konstruktivisme radikal mengesampingkan hubungan antara pengetahuan dan kenyataan sebagai suatu kriteria kebenaran. Pengetahuan bagi mereka tidak merefleksi suatu realitas ontologism obyektif, namun sebuah realitas yang dibentuk oleh pengalaman seseorang. Pengetahuan selalu merupakan konstruksi dari individu yang mengetahui dan tidak dapat ditransfer kepada individu lain yang pasif karena itu konstruksi harus dilakukan sendiri olehnya terhadap pengetahuan itu, sedangkan lingkungan adalah sarana terjadinya konstruksi itu.
2. Realisme hipotesis, pengetahuan adalah sebuah hipotesis dari struktur realitas yang mendekati realitas dan menuju kepada pengetahuan yang hakiki.
3. Konstruktivisme biasa mengambil semua konsekuensi konstruktivisme dan memahami pengetahuan sebagai gambaran dari realitas itu. Kemudian pengetahuan individu dipandang sebagai gambaran yang dibentuk dari realitas objektif dalam dirinya sendiri.
Dari ketiga macam konstruktivisme, terdapat kesamaan dimana konstruktivisme dilihat sebagai sebuah kerja kognitif individu untuk menafsirkan dunia realitas yang ada karena terjadi relasi sosial antara individu dengan lingkungan atau orang disekitarnya. Individu kemudian membangun sendiri pengetahuan atas realitas yang dilihat itu berdasarkan pada struktur pengetahuan yang telah ada sebelumnya, inilah yang oleh Berger dan Luckmann disebut dengan konstruksi sosial.
Teori dan pendekatan konstruksi sosial atas realitas Peter L Berger dan Luckmann telah direvisi dengan melihat fenomena media massa sangat substantif dalam proses eksternalisasi, subyektivasi dan internalisasi inilah yang kemudian dikenal sebagai “konstruksi sosial media massa”.  Menurut perspektif ini tahapan-tahapan dalam proses konstruksi sosial media massa itu terjadi melalui: tahap menyiapkan materi konstruksi; tahap sebaran kostruksi; tahap pembentukan kosntruksi;  tahap konfirmasi(Burhan. 2007188-189). Penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Tahap menyiapkan materi konstruksi : Ada tiga hal penting dalam tahapan ini yakni: keberpihakan media massa kepada kapitalisme, keberpihakan semu kepada masyarakat, keberpihakan kepada kepentingan umum.
2. Tahap sebaran konstruksi: prinsip dasar dari sebaran konstruksi sosial media massa adalah semua informasi harus sampai pada khalayak  secara tepat berdasarkan agenda media. Apa yang dipandang penting oleh media, menjadi penting pula bagi pemirsa atau pembaca.
3. Tahap pembentukan konstruksi realitas. Pembentukan konstruksi berlangsung  melalui: (1) konstruksi realitas pembenaran; (2) kedua kesediaan dikonstruksi oleh media massa ; (3) sebagai pilihan konsumtif.
4. Tahap Konfirmasi. Konfirmasi adalah tahapan ketika media massa maupun penonton memberi argumentasi dan akuntabilitas terhadap pilihannya untuk terlibat dalam pembetukan konstruksi (Burhan. 2007: 14).
PEMBAHASAN
Sering tidak disadari seseorang bahwa realitas yang disampaikan media massa berbeda dari realitas yang sesungguhnya terjadi. Lewat teks berita yang didengar dan dibacanya, seseorang digiring untuk memahami realitas yang telah dibingkai oleh media massa. Pemahamannya terhadap realitas tergantung pada realitas pola media massa. Ia telah terperangkap oleh pola konstruksi media massa. Media massa selain menginformasikan sesuatu tetapi juga memaknakan sesuatu lewat berita-berita yang disuguhkan kepada khalayak.
Pandangan konstruksivisme memahami tugas dan fungsi media massa berbeda dengan pandangan positivisme. Dalam pandangan positivisme, media massa dipahami sebagai alat penyaluran pesan. Ia sebagai sarana bagaimana pesan disebarkan dari komunikator (wartawan, jurnalis) ke khalayak (pendengar, pembaca). Media massa benar-benar sebagai alat yang netral, mempunyai tugas utama penyalur pesan. Tidak ada maksud lain. Kalau media tersebut menyampaikan suatu peristiwa atau kejadian, memang itulah yang terjadi. Itulah realitas yang sebenarnya. Tidak ditambah dan tidak dikurangi.
Dalam pandangan konstruktivisme, media massa dipahami sebaliknya. Media massa bukan hanya saluran pesan, tetapi ia juga subjek yang mengonstruksi realitas, lengkap dengan pandangan, bias, dan pemihakannya. Di sini, media massa dipandang sebagai agen konstruksi sosial yang mendefinisikan realitas. (Lihat Bennett, 1982: 287-288; Hidayat, 1999: 20). Pandangan tersebut menolak argumen yang menyatakan bahwa media sebagai tempat saluran bebas. Berita yang kita baca dan kita dengar dari media bukan hanya menggambarkan realitas, bukan hanya menunjukkan sumber berita, tetapi juga konstruksi dari media itu sendiri. Lewat berbagai instrumen yang dimilikinya, media ikut membentuk realitas yang terkemas dalam pemberitaan.
Namun pada sisi lain paradigma konstruktivisme melihat realitas sosial sebagai konstruksi diciptakan oleh individu yang merupakan manusia bebas. Sehingga individu menjadi penentu dalam dunia sosial yang dikonstruksi berdasarkan kehendaknya. Manusia dalam banyak hal memiliki kebebasan untuk bertindak di luar batas kontrol struktur dan pranata sosialnya dimana individu melalui respon-respons terhadap stimulus dalam dunia kognitifnya. Dalam proses sosial, individu manusia dipandang sebagai pencipta realitas sosial yang relatif bebas di dalam dunia sosialnya.
Meskipun dalam banyak pemberitaan para tersangka kasus daging sapi media cenderung mengaitkannya dengan PKS, namun dalam beberapa pilkada baik pilkada gubernur maupun kabupaten/kota PKS mampu memenangkan calonnya. Guru Besar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Tjipta Lesmana berpendapat, ada tiga faktor yang sangat menentukan terpilihnya seorang pemimpin. Tiga faktor itu yakni: uang, mesin politik, dan figur (fokus.news.viva.co.id). Sehingga sehebat apapun pemberitaan terhadap PKS, ketika PKS mampu memaksimalkan mesin politik, financial yang cukup serta menampilkan figur-figur yang ditampilkan memiliki nilai jual, maka pada akhirnya masyarakat juga yang akan menentukan, sesuai dengan kontruksi berfikir yang dianut oleh masyarakat tersebut.

DAFTAR BACAAN
Bennett, Tonny. 1982. Media, Reality, Signification. Dalam Michael Gurevitch, Tonny Bennett, dan James Wollacott (ed.). Culture, Society and the Media. London: Methuen.
Bungin, Burhan2007Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta : Kencana,
Hidayat, Deddy N1999Paradigma dan Perkembangan Penelitian Komunikasidalam Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia,VolIII. Jakarta: IKSI dan ROSDA.
Griffin, Em. 2012. A First Look at Communication Theory. Eight Edition, McGraw Hill.
Suparno1997Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius.
DAFTAR SITUS INTERNET
Alhamdulillah, Hari ini PKS Menang di Pilkada Hulu Sungai Selatan Kalselhttp://www.pkspiyungan.org/2013/04/alhamdulillah-hari-ini-pks-menang-di.html
Sani, M. Abdul Halim. 2007. Teori-Teori Sosial; Dari Ilmu Sosial Sekuleristik Menuju Ilmu Sosial Intergralistik. WordPress.com-weblog. Melalui http://abdulhalimsani.wordpress.com/2007/09/06/teori-
Di Pilkada Sukabumi, PKS juga Kalahkan ‘Kotak-kotak’ Satu Putaranhttp://www.pkspiyungan.org/2013/02/di-pilkada-sukabumi-pks-juga-kalahkan.html
Hasil Rekapitulasi KPU di 33 Kabupaten-Kota, ‘Ganteng’ Menangi Pilkada Sumut.http://www.pkspiyungan.org/2013/03/hasil-rekapitulasi-kpu-di-33-kabupaten.html
KPU Tetapkan RIDO Jadi Pemenang Pilwakot Bandunghttp://www.pkspiyungan.org/2013/06/kpu-tetapkan-rido-jadi-pemenang.html
Lesmana, Tjipta, 2012. Ada 3 Faktor Penentu Unggul di Pilkada DKI.http://fokus.news.viva.co.id/news/read/333458-ada-3-faktor-menangi-pilkada-dki
Pasca Kriminalisasi LHI, PKS menang VS keroyokan 12 Parpol di Pilkada Seruyan. http://www.pkspiyungan.org/2013/04/pasca-kriminalisasi-lhi-pks-menang-vs.html
PKS Menang di Tiga Pilkada Sulsel, Salah Satu Calonnya Sekum DPW PKS Sulsel. http://www.pkspiyungan.org/2013/09/pks-menang-di-tiga-pilkada-sulsel-salah.html